01 August 2010

Kinerja Gudang

Renungan …
Gudang memang mahluk tidak hidup. Gudang tidak memerlukan makan,minum atau mandi sepertihalnya seseorang merawat binatang sapi atau tanaman hias. Namun demikian gudang tetap memerlukan sentuhan khusus agar ia dapat memberikan kondisi-kondisi yang diharapkan untuk nyamanbekerja dan aman untuk menyimpanbarang.

Dengan terciptanya kenyamanan dan keamanan didalam suatu gudang maka kinerja yang akan dihasilkannyapun akan menjadi lebih baik.


Didalam usaha untuk menciptakan suasana gudang yang nyaman dan aman, terdapat 13 cara mengelola gudang yang sukses:

1. Data pelaporan rutin
2. Dinding, atap, lantai
3. Kebersihan toilet dan kantin
4. Palet, rak
5. Forklift, hand pallet, loading dock
6. Lampu penerangan, musik
7. Ventilasi Udara dan Temperatur
8. Akurasi penempatan barang
9. Keamanan barang di picking face
10. Tikus, lalat dan serangga lainnya
11. Perlengkapan P3K dan poster/spanduk keselamatan
12. Prosedur penerimaan dan pengiriman barang (SOP)
13. Pakaian kerja dan perlengkapan keamanan kerja

Penjabarannya sbb:

1.Data pelaporan rutin



Kelihatannya sepele, apa sih gunanya data prestasi gudang di sajikan secara rutin di papan pengumuman karyawan ?
Ada yang bilang nanti malah buka aib bagi yang membacanya atau akan terkesan sombong ?

Tujuan dari pencantuman prestasi tsb sebagai tolok ukur seberapa jauh prestasi atau kegagalan yang kita alami.

Jika semua karyawan tahu kondisi sebenarnya mengenai kinerja gudangnya, maka sebagai satu team operasional yang tangguh tentu akan mengambil suatu langkah yang strategis untuk menjalankan rencana selanjutnya.

2.Dinding, atap, lantai



Keamanan adalah syarat mutlak yang harus dijamin 100%, karena keamanan merupakan salah satu jenis pelayanan yang diharapkan oleh sipengguna gudang.
Pastikan dinding gudang dalam kondisi yang baik, tidak bolong-bolong atau mudah untuk memasukan/ mengeluarkan barang/ manusia.

Yakinkan juga bahwa dinding gudang tidak rapuh sehingga mudah rubuh.
Atap juga perlu dicek kondisinya agar aman dari bocor pada saat hujan. Saat yang tepat pada untuk mengetahui kondisi atap adalah saat hujan, carilah tetesan air dan segeralah beri catatan dimana terjadinya kebocoran untuk diperbaiki.

Lantai menjadi syarat pokok dalam hal penjaminan kebersihan dan keamanan barang. Lantai yang kotor berdebu pasti akan menjadikan barang juga kotor dan berdedu. Belum lagi masalah kesehatan karyawan.
Sedangkan lantai yang berlubang/bergelombang perlu dibuatkan rambu-rambu agar forklit/hand pallet tidak melaluinya.

3.Kebersihan toilet dan kantin

“Untuk melihat mutu suatu gudang, lihatlah kondisi kamar mandi/toiletnya.”
Kata-kata bijak tsb mungkin ada baiknya kita terapkan disemua gudang. Kebersihan toilet, kantin dan sarana karyawan lainnya memang tidak secara langsung mempengaruhi prestasi gudang, namun secara tidak langsung akan menciptakan dukungan moral dan fisik yang sangat baik terhadap karyawan dan pengunjung gudang lainnya. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menciptakan kebersihan ini andai kedisiplinan dan kontrol dilakukan dengan baik

4.Palet, rak

Paku yang menonjol diatas pallet sering dianggap sebagai hal biasa. Padahal paku ini dapat menyebabkan kejadian yang fatal bagi barang diatasnya dan mungkin juga bagi karyawan yang kebetulan menginjak pallet ini. Paku yang menonjol juga secara langsung mengurangi daya ikat kayu-kayu yang ada di pallet tsb dan hal ini tentunya sangat membahayakan.
Debu dari kotoran pallet dapat menyebabkan barang kotor dan kemungkinan terkontaminasi

Sedangkan rak yang tanpa paku ‘sok’ yang menancap ditiang-tiangnya mungkin juga sering dianggap biasa, padahal –seperti halnya pallet- tanpa paku sok tsb kekuatan ikat antar besi rak menjadi lemah pada saat forklift mengangkat pallet dari rak jika menyentuh rak diatasnya maka bisa fatal.

5.Forklift, 5.Hand pallet, loading dock

Perawatan forklift, hand pallet maupun loading dock yang dilakukan secara rutin dan terjadual akan memberikan ‘garansi’ keamanan dan keselamatan kerja yang lebih pasti.
Pastikan seluruh prosedur perawatan dan penanganan peralatan kerja kita selalu dalam kondisi yang prima sebelum dipergunakan.

6.Lampu penerangan, musik



Secara ilmiah cahaya yang diperlukan minimal 200 lumen.

Penerangan yang sesuai akan memberikan kepastian dalam penyiapan barang pada waktu picker membaca dari picking list ke rak yang dituju atau juga memastikan bahwa antar rak terlihat dengan jelas.
Beberapa gudang direkomendasikan untuk memutar lagu-lagu yang ‘semangat’ tidak mendayu-dayu atau terlalu romantis.
Hindari memutar lagu yang hanya menjadi faporit seseorang saja atau lagu-lagu yang terlalu memukau. Instrumentalia dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih.

7.Ventilasi Udara dan Temperatur

Pastikan tidak ada ventilasi udara yang terhalang barang atau tertutup sesuatu sehingga mengganggu kelancaran perputaran udara. Jika perlu pastikan bahwa temperatur ruang gudang selalu dicatat dan dikontrol untuk disesuaikan dengan standar suhu barang yang disimpan. Bahkan di industri kimia misalnya, ada barang yang harus selalu disimpan disuhu tertentu agar tidak terjadi ledakan atau di industri consumer goods ada komoditi yang memerlukan suhu khusus agar barang tidak rusak texturnya

(Untuk membahas secara komplit, dapatkan di Hand Book Logistic Indonesia 1)

free counters


No comments:

Post a Comment

Post a Comment