17 August 2010

Survey : Retail and Consumer Products Supply Chain Report 2010


Summary dari Survey

Konsumen ritel dan produk industri tidak berkembang pada tahun 2010 ini, tetapi di Eropa dan Amerika Utara ada indikator pertumbuhan yang kuat di Asia-Pasifik, Afrika dan Amerika Selatan untuk sementara tahun ini.


Dalam hal suplay chain, menurunkan biaya adalah tujuan nomor satu. Penggunaan 3PLs secara luas, dan terus tumbuh, walaupun masih ada kesenjangan dimana 3PLs bisa mengisi, khususnya dengan memperluas penawaran produk dan usaha penjualan terhadap usaha kecil dan menengah.
Sebuah tanda yang menggembirakan adalah kenyataan bahwa separuh dari semua responden menyatakan bahwa mereka memiliki Chief Supply Chain Logistics Officer atau Chief Officer di dalam organisasi mereka. Dan dengan 60% dari responden melaporkan bahwa eksekutif SCM senior di perusahaan mereka menjabat dimanajemen (meskipun Amerika Utara tertinggal Eropa dan daerah lainnya dengan angka sekitar 40%) kami yakin dapat melaporkan bahwa fungsi SCM sekarang sangat baik diakui dan dihormati dalam industri ritel dan produk konsumen.
 
Tentang eyefortransport, pelaksana survey


Didirikan pada tahun 1998, eyefortransport telah menjadi salah satu penyedia layanan intelijen bisnis, penelitian independen, berita dan acara tingkat eksekutif untuk rantai pasokan & industri logistik. eyefortransport memiliki dua fokus utama.
 
Hasil Survey
 
Strategi Logistic : Walmart baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menguasai transportasi inbound dari pemasok mereka. Dalam kasus ini, responden diminta untuk mengidentifikasi posisi mereka untuk mengambil kendali transportasi inbound untuk pemasok. Sebagian besar (58%) saat ini mengelola beberapa pemasok mereka transportasi inbound ', meskipun lebih dari seperempat masih tidak memiliki rencana untuk melakukannya. 
 


Outsource ke 3PL :
Sebagian besar responden menyatakan bahwa mereka butuh  3PLs untuk melaksanakan sebagian besar tugas logistil. 41% outsourcing lebih dari 75% dari kebutuhan mereka, sementara 20% outsourcing antara 50% dan 75%. Hanya 11% tidak outsourcing logistik mereka perlu 3PLs.
 


Rencana meningkatkan peranan 3PL:
Sebagian besar responden berharap untuk meningkatkan jumlah outsourcing untuk 3PLs  mereka selama 2 tahun ke depan, dengan 21% mengharapkan peningkatan yang signifikan dan 34% mengharapkan peningkatan yang kecil. Sebagian tidak mengharapkan untuk meningkatkan tingkat pelayanan outsourcing, sementara jumlah yang lebih tinggi dari responden sudah outsource 100% persyaratan mereka dibandingkan dengan responden mengharapkan untuk mengurangi tingkat mereka outsourcing.



Apakah mereka merubah transportasi untuk mengurangi biaya ?

Responden juga ditanya apakah mereka telah pindah ke mode transportasi yang lebih lambat / lebih murah seperti Kereta atau Laut untuk mengurangi biaya, sebagai akibat dari resesi. Opini dibagi pada strategi ini, dengan 46% telah berubah modus transportasi dan 54% tidak memiliki.



Bagaimana dengan Forecasting ?

Forecasting menrut mereka sebagian besar responden masih merasa bahwa mereka memiliki ruang untuk perbaikan. Hanya 22% dari ritel dan konsumen rantai pasokan produk eksekutif diberi nilai peramalan capabilties mereka sebagai baik atau sangat baik. Memang, 30% nilai peramalan mereka sebagai kurang dari memuaskan atau sangat miskin. Atau, kata lain dan satu dapat melaporkan bahwa 78% dari responden tidak akan menilai capabilties peramalan mereka sebagai sesuatu yang lebih baik yang memuaskan.
 


Peranan Bagian SCM
 
Bagian selanjutnya dari laporan ini melihat peran eksekutif rantai suplai. Pertama, responden ditanya apakah eksekutif puncak rantai pasokan mereka adalah pada papan manajemen perusahaan. Secara keseluruhan, mayoritas (61%) memiliki suplai rantai eksekutif atas mereka di papan manajemen perusahaan, meskipun, bila dilihat menurut wilayah, situasi ini jauh lebih lazim di Eropa, Amerika Tengah atau Selatan, dan Asia Pasifik, daripada di Amerika Utara dan Timur Tengah & Afrika.
 

Responden juga diminta untuk mengidentifikasi kepada siapa eksekutif puncak SCM mereka lapor. Tepat setengah dari responden mengatakan bahwa eksekutif puncak SCM mereka laporan ke / CEO Presiden mereka, sementara hanya 8% kata eksekutif puncak SCM mereka melapor kepada seorang eksekutif senior di bawah board.




Fokus SCM 1 Tahun Kedepan

Bab ini berfokus pada keprihatinan responden terbesar untuk 12 bulan ke depan, meskipun hasilnya tidak termasuk untuk Timur Tengah & Afrika, seperti ukuran sampel terlalu kecil untuk pengamatan bermakna. Responden diminta untuk memilih hanya atas keprihatinan mereka 3. tarif transportasi Secara keseluruhan, peningkatan adalah kekhawatiran terbesar, diikuti oleh kapasitas transportasi ketat dan takut tiba-tiba melemahnya permintaan. Supplier kegagalan, meningkatkan peraturan pemerintah, fluktuasi mata uang, dan harga energi volatile juga sumber penting yang menjadi perhatian, meskipun kurang responden khawatir mengenai prospek kepatuhan lingkungan baru atau gangguan yang disebabkan oleh bencana alam.
 


Kekuatiran didalam SCM terhadap transportasi



Kekuatiran didalam SCM terhadap demand



Kekuatiran didalam SCM terhadap perubahan mata uang



Kekuatiran didalam SCM terhadap kenaikan harga BBM/Energi



Survey dilakukan pada Mei - Juni 2010 di wilayah tsb diatas.

Mudah-mudahan dapat dijadikan pembanding untuk Indonesia tercinta.


free counters

2 comments:

  1. postingan yang sangat menarik. bisa shared soft copynya? tx

    kakangmas@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Dear Logistik Indonesia,

    postingan di blog ini sangat menarik dan menambah wawasan saya.
    saya sedang melaksanakan survei di bidang logistik untuk skripsi saya, terkait sekali dengan bahasan ini, yaitu outsourcing logistik.

    Saya sangat membutuhkan informasi mengenai database perusahaan, misalnya kira-kira di jakarta ada berapa perusahaan, khususnya FMCG, yang bisa saya jadikan responden.

    Selanjutnya, apakah benar berdasarakan survei bahwa sebagian besar pengguna jasa 3PL adalah FMCG?darimana saya bisa dapatkan informasi tersebut?

    Saya sudah mencari data yang bisa mendukung dan justifikasi, tetapi belum dapat. Direkomendasikan bahwa minimal harus 100, tapi jujur itu sangat sulit karena saya baru dapat sedikit sekali.

    ini sangat penting terkait penarikan sampel dari responden saya,
    mohon bantuannya..
    >,<

    if there's anyone can help me, please answer or send me directly to my email : vita.rusdianti@gmail.com

    a bunch of thanks..

    best regards,
    Vita Rusdianti

    ReplyDelete